Berbagai Jenis Tanaman Hias dan Cara Penempatan Yang Baik | Informasi Nusantara

Berbagai Jenis Tanaman Hias dan Cara Penempatan Yang Baik

Tanaman hias bisa untuk semua jenis tumbuhan, baik yang berbentuk terna, semak, merambat, perdu, dan juga pohon, yang biasanya ditanam sebagai komponen bagian dari taman, kebun, atau halaman rumah, penghias ruangan, upacara, komponen riasan/busana, atau sebagai komponen karangan bunga. dan bunga potong pun dapat dikategorikan sebagai tanaman hias juga. Dalam konteks umum, termasuk salah satu dari pengelompokan yang berdasarkan fungsi dari tanaman hortikultura. Beberapa bagian yang biasa dimanfaatkan tidak hanya semata bunganya saja, melainkan kesan keindahan yang dihasilkan oleh tanaman tersebut. Selain bunga termasuk (warna dan juga aroma) batang, daun, buah, sampai pepagan dapat juga dijadikan komponen yang bisa dimanfaatkan. Kita bisa ambil contoh dari beberapa ranting tumbuhan yang dapat mengeluarkan aroma segar itu bisa diletakkan di dalam ruangan guna untuk mengharumkan ruangan tersebut nah jadi kita dapat mengelompokannya sebagai tanaman penghias ruangan.

Bentuk dan penempatan dari tanaman hias ini bisa menjadi bahan pertimbangan penting. Yang terpenting dalam tanaman tersebut adalah habitat alaminya yang disukai oleh tumbuhan itu sendiri, Dalam pengertian tersebut, dapat pula mencakup tanaman yang berada di tepi jalan serta tanaman penaung untuk ruang terbuka.

Di karenakan tanaman hias berdasarkan kelompok dari fungsinya masing-masing, tidak menutup kemungkinan bahwa yang mempunyai jenis tanaman sayuran, tanaman buah atau tanaman obat, bisa di kategorikan sebagai kategori diatas, atau sebaliknya.

Nah apakah Anda sudah mempunyai koleksi dari beberapa jenis tanaman sebagai penghias taman atau ruangan Anda jika Anda masih bingung memilih jenis tanaman apa yang akan menjadi pilihan Anda, mungkin salah satu contoh di bawah bisa menjadi tanaman kesukaan Anda.

Berikut macam-macam tanaman hias dan gambarnya:


Saka Asparagus Plumosus

Tanaman Saka Asparagus Plumosus yaitu jenis tanaman hias memiliki daun sejenis paku dengan daun yang lebat menyerupai jarum tapi dengan tekstur yang halus. Potongan batang yang berdaun, ditambah lagi beberapa bunga yang indah, jadi Anda dapat menggunakan sebagai penghias halaman rumah Anda. Satu lagi Tanaman Asparagus ini sangat mudah sekali ditanam, asalkan ditempatkan pada tempat dengan cahaya matahari tidak langsung menyinari. Tanaman ini juga cocok dengan lingkungan yang lembab dan pastinya tidak kekurang air.

Dieffenbachia

Dieffenbachia yang bisa di bilang mudah di jumpai untuk daerah tertentu dan juga dikenal sangat mudah sekali untuk perawatan dan pengembangannya. Tanaman ini juga bisa tahan dalam suatu ruangan meskipin untuk jangka waktu yang telah ditentukan. Warnanya yang cenderung memiliki warna gelap jika ditempatkan di dalam ruangan yang tidak terkena sinar matahari. Jadi tidak ada salahnya jika tanaman ini Anda jadikan sebagai tanaman indoor.

Penempatan tanaman yang satu ini di dalam suatu ruangan, selain mempercantik ruangan manfaat lainnya adaah dapat menyaring udara sehingga udara yang ada di sekitar Anda akan bersih. Menanam di halaman rumah juga bisa membantu mengurangi gas polutan. Tetapi, Anda juga perlu berhati-hati dengan getah yang di keluarkan tanaman yang satu ini. Kenapa karena dapat menimbulkan gatal-gatal dan kejang pada bibir atau lidah juga kerongkongan jika getah tersebut mengenainya.

Suplir

Suplir, suplir adalah jenis tanaman hias yang memiliki daun berbagai jenis dan varietas. Namun walaupun demikian, suplir yang memiliki tampilan cukup cantik dengan daunnya yang kecil serta dapat memberi suasana segar pada lingkungan kita, tanaman ini ternyata sangat sulit dipelihara karena membutuhkan satu lingkungan yang memiliki suhu lembab dengan udara yang bersih pastinya.

Habitat asli tanaman yang satu ini biasanya terdapat di pinggir-pinggir sungai yang bernaung di pepohonan yang agak rimbun karena suplir hanya butuh sedikit cahaya. Maka dari itu, untuk perawatannya sebagian tempat haruslah teduh. Jenis tanaman ini tidak terlalu membutuhkan banyak air, asalkan tempatnya saja memiliki suhu lembab tapi tidak basah dan juga tidak kering jadi tanaman ini sudah bisa tumbuh dengan baik.

Kuping Gajah

Kuping Gajah
Tanaman Kuping Gajah adalah termasuk jenis tanaman hias daun yang sangat populer di masyarakat. Dengan bentuk daunnya yang lebar menyerupai seperti telinga gajah jadi tanaman ini disebut sebagai tanaman kuping gajah sesuai dengan bentuknya. Daun dari kuping gajah yang memiliki warna hijau tua dengan urat-urat hijau muda keputihan pada bagian tengahnya, tanaman ini juga termasuk kedalam golongan Anthurium.  Daun dari tanaman kuping gajah ini memiliki daya pikat tersendiri terutama dari bentuk daunnya yang terbilang istimewa. Dan keistimewaan lainnya adalah tanaman ini mudah untuk kita rawat, karena perawatannya cenderung fokus kepada daunnya saja. Dari jenis tanaman Anthurium cukup membutuhkan cahaya sinar matahari yang sedikit saja, tempat yang teduh seperi teras depan rumah atau teras belakang rumah bisa menjadi tempat yang sangat cocok bagi Anthurium yang satu ini.

Aglaonema

Aglaonema
Tanaman aglaonema ini memiliki daun berbentuk lonjong berwarna hijau, juga dihiasi bintik-bintik, dengan garis berwarna abu-abu keperakan. Ada juga nama lain dari tanaman ini yaitu Sri rejeki. Tanaman ini terbilang sangat mudah sekali untuk ditanaman tanpa harus membutuhkan perawatan secara intensif, tetapi tanaman ini membutuhkan cahaya matahari yang tidak langsung mengenai dan lingkungan yang lembab. Anda juga harus hati-hati untuk ruangan terlalu panas apalagi kering di musim kemarau, sebab tanaman ini akan mudah layu.

Keladi Red Star

Keladi Red Star
Tanam Keladi Red Star di kenal akan kecantikannya karena urat pada didaunnya yang memiliki bentuk bintang yang berwarna merah cerah, memiliki tangkai daun yang agak berwarna kemerahan di padukan dengan warna belang-belang hitam.

Keladi hias termasuk jenis tanaman yang sangat mudah kita tanam, tanaman hias ini juga gampang untuk kita kembangkan asalkan media tanamnya tetap dijaga dengan lembab. Tanaman ini sebaiknya kita simpan pada tempat yang terkena sinar matahari secara langsung dan menyeluruh, supaya warna merah pada urat daunnya semakin kuat. Selanjutnya untuk penyiraman cukuplah disiram sekali dalam sehari. dan usahakan penyiraman langsung ke medianya, jangan hanya pada daunnya saja. Maka ketika media yang digunakan menjadi lembab, keladi ini akan tumbuh dengan cantik dan mempesona, lebar dan warna yang ada pada daunnya pun akan lebih menarik.