Keunikan Rumah Adat Bali Gapura Candi Bentar Berikut Penjelasannya | Informasi Nusantara

Keunikan Rumah Adat Bali Gapura Candi Bentar Berikut Penjelasannya

Salah satu contoh dari rumah adat bali biasa disebut dengan sebutan Gapura Candi Bentar. Gapura Candi Bentar ini merupakan puntu masuk yang menuju istana raja dan merupakan salah satu rumah adat bali juga, Gapura Candi Bentar pada umumnya dibuat dari batu yang berwarna merah di lengkapi dengan ukiran dari batu cadas.

rumah adat bali gapura candi bentar

Balai Benggong ini posisinya terletak di sisi bagian kanan dan Balai Wantikan posisinya terletak pada bagian sisi sebelah kiri. Apa yang di sebit dengan Balai Benggo itu, Balai Benggo tidak lain adalah tempat peristirahatan raja beserta keluarganya, lalu untuk Balai Wantikan? Balai Wantikan ini fungsinya tempat pagelaran kesenian.

Secara umum, rumah adat bali biasa dipenuhi dengan hiasan pernak-pernik seperti ukiran-ukiran dengan warna yang natural ( alami ) kemudian di lengkapi dengan patung-patung simbol ritual. Bangunan untuk rumah adat bali pada umumnya terpisah-pisah sehingga bangunan rumah adat yang satu ini menjadi banyak bangunan-bangunan dengan bentuk kecil dalam satu wilayah.

Semakin kesini dan seiring berjalannya perkembangan zaman mulailah ada sedikit perubahan-perubahan pada bangunan rumah adat bali, yang dulunya bangunan tersebut terpisah-pisah menjadi beberapa bagian, dan saat ini bangunan tersebut tidak terdapat lagi bangunan yang terpisah-pisah.

Itulah sedikit penjelasan rumah adat bali yang mudah mudahan bisa menjadi informasi tambahan mengenai rumah adat, Terima kasih.